Skip to main content

Shoji dan Hanabi


Di kompleks rumah Yomori setiap sebulan sekali diadakan shoji (kerjabakti), dimana setiap keluarga mengirimkan minimal satu orang untuk ikutan kerja bakti. Kalau lagi musim dingin sojinya libur :-)Perumahan yang Yomori tempati di Yokohama sekarang ini merupakan perumahan sederhana milik pemerintah Jepang, yang disediakan khusus untuk keluarga golongan menengah-kebawah.

Bagi student asing yang memiliki keluarga juga dibolehkan tinggal di kompleks ini. Untuk bisa tinggal di perumahan ini, sistemnya diundi. Jadi, untung-untungan.. syukur-syukur dapat:-)Walaupun sederhana fasilitasnya lumayan bagus dan lingkungannya juga bersih.

Cerita lainnya, minggu ini kita main ke Yamashita Park. Kebetulan lagi ada pesta Hanabi (kembang api). Pesta Kembang apinya sich malam hari, tapi mulai siang hari tempat itu udah penuh di booking oleh warga yang pengen ngeliat acara tersebut. Walau Hanabi ini diadakannya tiap tahun, Tapi kayaknya orang Jepang selalu antusias untuk menyaksikannya.

Kalau Yomori datang ke sana cuma ikutan ramai-ramainya aja. Soalnya suara kembang api yang lumayan kencang kan bisa mengganggu gendang telinganya Yomori, apa lagi Yomori-kan masih kecil:-) Habis makan-makan dan jalan-jalan di sekitar Yamashita Park trus kita pulang dech.

Comments

Heni said…
Wah, Yomori ikutan kerja bakti juga nggak? :P. Bantuin mamah aja yah....

Kita disini juga di apartment kampus, tapi nggak ada kerja bakti seperti itu, yang bersihin lawn ada lawnmowernya sendiri. Anak-anak highschool yang summer job.
Disini yang ada potluckan bareng satu neighborhood tapi aku juga nggak pernah dateng siy, hehehe.... jadi malu nih :D
bibipbondry said…
hihi...yomori tinggak di shiei juutaku bukan, sama nih ma caca tiap bulan juga ada kegiatan begitu 30mnt doang sih. berhubung kl g adateng suka ditegor jadi mskp males tetep keluar ikut shouji hihi....eh hanabi nagaoka tgl 2-3 agustus, dateng ya ... :p)
Lia said…
Jadi siapa yang dikirimin keluarga ini, Yomori ya???:)
Iya yah tiap taun kembang apinya ada tapi tetep we orang suka nonton.

Salam tuk yomori sayang
Anonymous said…
Haloh2 ternyata jtaku dimana2 sama ajah yah. Cuma di tempat aku tinggal udah gak ada kerja bakti... kita disuruh bayar ajah tiap bulan trs yg ngerjain yah kek Arubaito gitu... obaachan & Ojiichan....

Yomori kowai gak ama hanabi.... Aika jg mo berhanabi-an nih minggu depan....
Anonymous said…
Ternyata ada kerja bakti juga yah di Jepang kirain di kampung Indo doang .. Mbak kok gak banyak crita ttg Yomori pengen denger udah bisa ngapain aja nih :)
Liana said…
iya tuh, budaya kerja bakti memang musti terus dipertahankan, sayangnya di komplek rumahku gak ada lagi acara kerjasama begitu.

Wah, Hanabinya pasti seru nih! Yomori dibeliin yukata jg gak? iya seh, jangan terlalu deket ya dear, takut ntar malah kaget, kesian jg gendang telinganya:)

Hepi Wednesday ya
Anonymous said…
akhirnya ada update-an jugak :D

bagus yah budaya jepang masih suka kerjabakti..
di sini mah gag ada deh...
kerja sendiri-sendiri deh... :D tapi pernah sekali waktu rumput halaman kita dipotongin ama tetangga sebelah tanpa kita minta... :D
Rahmi Sukma said…
Wah Yomori abis ikut shoji? Ngapain aja shojinya? Ternyata kerjabakti gag cuman ada di Indonesia ya...
Anonymous said…
eeeeeh, komplek perumahannya yomori mirip sama rumah nida di spore:)

pa kabar niy yomori?

---ummi nida---
waah..rajin2 juga ya orang jepang, kerja bakti gak sekalian arisan juga tuh he..he..

happy wiken yah yomori n fam..

rai's mom
Lili said…
Hebat, di Jepun sana saja masih ada kerja bakti, di komplek Ummi udah gak ada tuh.
Pak Rt dan RW suah menyewa org untuk kerja bakti, kita sbgi warga tinggal bayar bulanan saja.
Duh, kemana yah rasa bertetangga kita, padahal negara kita belum semaju jepang, tapi kok sudah hilang rasa gotong royong yg dulu ada.

Yomori liburan musim panas di sana seru yah, banyak keramaian.
erfi said…
Jadi Yomori ngga ngeliat kembang apinya dongg.. ngga apa² deh mudah²an aja taun depan bisa ya nak.

Ma kasih ya udah ngedo'ain Izqa.. alhamdulillah, sekarang Izqa udah baikan.. walo kadang² masih batuk..
Ully said…
Yomori-kun gak nonton hanabi ya? Izza nonton lho, seru deh. Tapi mas Reyhan takut, gak mo liat dan denger hanabinya. Kalo Izza sih gak takut tuh. Seneng malah. hehehe

Popular posts from this blog

Cerita tentang Musik & Mengunjungi Adek Bayi

Ceritanya minggu kemaren Te Heny ngelemparin bola musical baton ke Yomori, tapi berhubung tangan Yomori kekecilan jadinya dech ngak ke tangkap & bolanya terus menggilinding he he... Tapi ngak apa-apa dech Yomori coba cerita tentang musik yang Yomori suka aja ya... Sejak usia satu bulan Yomori paling suka dengerin musik, biasanya Yomori betah nongkrong sampe lagunya diputar berkali-kali. Lagi Asyik Karaoke Lima lagu yang sering didengarin yaitu: Balonku, Topi saya bundar, Bintang kecil & Gelang Sipatu Gelang. Buat main disiang hari Yomori punya satu VCD Favorit kumpulan lagu taman kanak-kanak ciptaan Pak Kasur & Ibu Sud dan untuk pengantar bobok Yomori biasanya senang ama instrument piano dengan irama yang lebih sendu. Naaah karena Yomori seneng banget dengerin musik, ama Umi Kak Fatimah Yomori dikasih Orgen dech. Makasih ya umi Main Orgen Walaupun belum ngerti mainin musik, tapi pas pencet-pencet keyboard Yomori langsung goyang-goyangin badan &

Happy Family

Keluarga Achiza beranggotakan Papa Hendra Achiari dan Mama Rahmi Maiza serta putra kami Yomori Achiza. Untuk sementara keluarga kami berlabuh dulu di Yokohama, nemanin si Papa yang lagi bergambate selesain studi Doktoral Engineering di Yokohama Nasional University.

Yomori Mandi

Mandi adalah kegiatan rutin Yomori selain mimik dan bobok. Waktu di rumah sakit perawat sampai dua kali membekali mama & papa training bagai mana cara memandikan bayi. Untung nyampe di rumah udah ada ayunan mandi buat Yomori, jadi mama & papa ngak usah khawatir kalau lagi mandiin, Yomori bisa nyaman main air diatas buayan mandi.